Baca Juga
Perkembangan
bisnis digital saat ini sangat berkembang pesat, banyak usaha-usaha yang tumbuh
dan berkembang dengan cepat dan begitu pula persaingan yang sangat
ketat shingga perlunya pemahaman mengenai strategi digital marketing
Dengan
semakin majunya teknologi digital, kamu tak perlu lagi menggunakan cara-cara
konvensional seperti membagikan brosur di jalan, memasang iklan di koran, atau
menempelkan poster di tembok-tembok.
Saat ini, sudah tersedia platform yang memberikan kemudahan bagi pemilik bisnis untuk mempromosikan produk atau jasanya di internet dengan memanfaatkan Facebook Ads dan Google Ads.
Saat ini, sudah tersedia platform yang memberikan kemudahan bagi pemilik bisnis untuk mempromosikan produk atau jasanya di internet dengan memanfaatkan Facebook Ads dan Google Ads.
Untuk
menggunakan layanan tersebut, tentu kamu harus memiliki sebuah website atau
toko online untuk menampilkan produk atau jasa yang ingin kamu jual.
Website
dapat diibaratkan sebagai rumah atau toko dalam bentuk fisik di dunia nyata.
Kamu bisa menyimpan barang jualan kamu agar orang lain datang melihat dan
tertarik untuk membeli.
Begitu
juga dengan dunia maya, website atau toko online akan menampilkan apa yang kamu
tawarkan dalam bentuk digital.
Menariknya,
pengunjung yang mengunjungi websitemu bisa berasal dari mana saja dan kapan
saja selama terhubung dengan internet.
Nah,
untuk mendapatkan traffic pengunjung inilah yang menjadi hal penting yang harus kamu
perhatikan. Kali ini kita akan membahas tentang Facebook Ads vs
Google Ads untuk mencari mana yang lebih baik bagi bisnismu.
Facebook Ads vs Google Ads
Ketika kika bicara
mengenai digital marketing, dua layanan tersebut dikenal sebagai platform iklan terbesar di dunia saat ini. Hampir semua pemasar
digital menggunakannya dan juga membandingkan keduanya.
Tapi, untuk memanfaatkannya secara efektif,
penting bagi Freebuddies untuk memahami perbedaan dan
persamaan di antara keduanya serta bagaimana layanan tersebut dapat membantu
bisnis kamu.
Kesamaan Facebook Ads dan Google Ads
Kekuatan terbesar dari kedua platform ini
adalah kemampuan untuk menampilkan iklan yang tertarget sesuai dengan audiens
bisnis kamu secara spesifik dan tepat sasaran.
Katakanlah, pasar bisnis kamu yaitu
orang-orang yang menyukai barang-barang antik, dengan Google Ads dan Facebook
Ads kamu bisa mendapatkan segmen audiens yang potensial membeli apa yang kamu
tawarkan.
Kedua layanan iklan tersebut akan menyasar
target pasar yang sesuai dengan minat (audience bahaviour) di internet.
Fastwork menyarankan untuk menggunakan
keduanya, kombinasi ini akan memberikan hasil yang optimal.
Perbedaan Facebook Ads dan Google Adwords
Pada dasarnya, kedua layanan ini memberikan
analisis yang sama sebelum mengiklankan produk atau jasamu. Akan tetapi ada
beberapa hal yang membedakannya.
Facebook Ads menampilkan iklan berdasarkan
informasi target audiens yang kamu isi mulai dari minat, perilaku, demografi,
koneksi, lokasi, sampai lingkup pertemanan yang kamu miliki.
Sedikit berbeda dengan dengan Google Ads,
layanan ini menampilkan iklan berdasarkan kata kunci (keyword) yang kamu
targetkan.
Iklan bisnismu akan muncul pada hasil
penelusuran mesin pencari ketika ada orang yang mengetikan kata kunci tersebut.
Begini contoh mudahnya, bila ada calon
konsumen yang sedang mencari barang antik menggunakan mesin pencari Google,
saat orang itu mengetikan kata kunci “barang antik” maka akan muncul iklan
milikmu bersama dengan hasil penelusuran lainnya.
Tetapi bila kamu menggunakan Facebook ads,
iklan milikmu akan muncul pada halaman beranda (home) milik penggun
Facebook.
Jika bisnismu berasal dari Indonesia, maka
yang akan melihat iklanmu merupakan pengguna Facebook yang tentunya orang
Indonesia juga atau pengguna yang mengisi negara Indonesia sebagai tempat
asalnya.
ain itu, orang-orang yang berteman atau terhubung dengan bisnismu juga
akan melihat iklan promosi tersebut.
Kesimpulan
Sebenarnya, dua layanan iklan ini mempunyai kelebihan dan
kekurangnya masing-masing. Kembali lagi pada model bisnismu, pemasaran seperti
apa yang cocok untuk produk atau jasa yang ingin kamu jual.
Berapa budget yang
akan kamu siapkan untuk memulai kampanye digital, dan goal atau target apa yang ingin dicapai.
Jika kamu ingin menggunakan keduanya, itu bisa menjadi pilihan yang bagus.
Karena baik Facebook Ads maupun Google Ads
akan memberikan value pada brand bisnismu
secara langsung. Menjangkau audiens secara luas dan meningkatkan penjualan.