A. PENUGASAN
AUDIT
Tahapan
Penugasan audit :
1. Penerimaan penugasan audit
1. Penerimaan penugasan audit
Tahap awal
dalam audit laporan keuangan adalah mengambil keputusan untuk menerima/menolak
suatu kesempatan menjadi auditor untuk klien baru/ untuk melanjutkan sebagai
auditor bagi klien yang sudah ada.
2.
Perencanaan audit
Tahap kedua
ini untuk pelaksanaan dan penentuan lingkup audit. Pada tahap ini perlu
diterapkan standar umum dan standar pekerjaan lapangan dari standar auditing.
3. Pelaksanaan pengujian audit
3. Pelaksanaan pengujian audit
Tujuan utama
tahap ini adalah mendapatkan bukti audit mengenai efektivitas struktur
pengendalian intern klien dan kewajaran laporan keuangannya. Pada tahap ini
harus diterapkan standar umum dan standar pekerjaan lapangan dari standar
auditing.
4.Pelaporan temuan
4.Pelaporan temuan
Laporan
audit bisa berupa laporan standar, yaitu laporan audit dengan pendapat wajar
tanpa perkecualian/ bisa juga menyimpang dari laporan standar.
Langkah-langkah
dalam penerimaan penugasan audit :
1. Mengevaluasi
integritas manajemen
2.
Mengidentifikasi keadaan-keadaan khusus dan risiko tidak biasa
3.
Menetapkan kompetensi untuk melakukan audit
4.
Mengevaluasi independensi
5.
Menentukan kemampuan untuk bekerja dengan cermat dan saksama
6.
Menyiapkan surat penugasan
EVALUASI
ATAS INTEGRITAS MANAJEMEN
Auditor
hanya akan menerima penugasan apabila terdapat jaminan yang memadai bahwa
manajemen klien bisa dipercaya. Apabila manajemen tidak memiliki integritas,
kemungkinan besar terdapat kekeliruan dan ketidakberesan dalam proses akuntansi
yang menjadi dasar penyusunan laporan keuangan. Bagi klien baru, auditor bisa
memperoleh tentang integritas manajemen dengan bertanya pada auditor pendahulu/
mengajukan pertanyaan pada pihak
ke-3 yang dipandang mengenal klien, mereview pengalaman masa lalu dengan klien.
MENGIDENTIFIKASI KEADAAN-KEADAAN KHUSUS DAN RISIKO TAK BIASA
Hal-hal yang berhubungan dengan pengambilan keputusan untuk menerima penugasan pada tahap ini, antara lain :
ke-3 yang dipandang mengenal klien, mereview pengalaman masa lalu dengan klien.
MENGIDENTIFIKASI KEADAAN-KEADAAN KHUSUS DAN RISIKO TAK BIASA
Hal-hal yang berhubungan dengan pengambilan keputusan untuk menerima penugasan pada tahap ini, antara lain :
1.
Mengidentifikasi pemakai laporan keuangan auditan
Tanggungjawab
hukum auditor bisa berbeda-beda tergantung pada siapa yang diperkirakan akan
menjadi pemakai laporan keuangan auditan. OLeh karena itu auditor harus
mempertimbangkan apakah klien merupakan perusahaan public/privat. Auditor harus
mempertimbangkan apakah laporan audit yang biasa akan cukup untuk memenuhi
kebutuhan semua pemakaian laporan/apakah perlu dibuat laporan khusus.
2.
Memperkirakan adanya persoalan hukum dan stabilitas
keuangan klien
Apabila perusahaan klien pernah mengalami kesulitan karena adanya gugatan hukum, dan apabila penggugat bisa menemukan alasan bahwa ia dirugikan karena keputusan yang diambilnyadidasarkan pada laporan keuangan , maka situasi demikian sangat mungkin akan melibatkan auditor. Bila hal itu terjadi , maka auditor terancam untuk membayar denda atas putusan pengadilan. Oleh karena itu, auditor harus berusaha untuk mengidentifikasi dan menolak calon klien yang memiliki risiko tinggi terkena gugatan hukum. Hal yang sama juga perlu diperhatikan auditor, apabila calon klien menunjukkan ketidakstabilan keuangan , seperti tidak mampu membayar utang yang jatuh tempo.
Apabila perusahaan klien pernah mengalami kesulitan karena adanya gugatan hukum, dan apabila penggugat bisa menemukan alasan bahwa ia dirugikan karena keputusan yang diambilnyadidasarkan pada laporan keuangan , maka situasi demikian sangat mungkin akan melibatkan auditor. Bila hal itu terjadi , maka auditor terancam untuk membayar denda atas putusan pengadilan. Oleh karena itu, auditor harus berusaha untuk mengidentifikasi dan menolak calon klien yang memiliki risiko tinggi terkena gugatan hukum. Hal yang sama juga perlu diperhatikan auditor, apabila calon klien menunjukkan ketidakstabilan keuangan , seperti tidak mampu membayar utang yang jatuh tempo.
3.
Mengevaluasi auditabilitas perusahaan klien
Mengevaluasi apakah laporan keuangan klien bisa diaudit atau tidak.
MENETAPKAN KOMPETENSI UNTUK MELAKSANAKAN AUDIT
Auditor harus memastikan apakah mereka memiliki
kompetensi professional untuk menyelesaikan penugasan sesuai dengan standar
auditing. Hal ini menyangkut penentuan berapa jumlah amggota tim audit dan
mempertimbangkan kebutuhan bantuan dari knsultan atau spesialis pada waktu
audit berlangsung.
Penetapan
tim audit :
• Seorang partner yang
bertanggungjawab penuh dan merupakan penanggungjawab akhir dari suatu penugasan.
• Seorang manajer/lebih yang
mengkoordinasi dan melakukan supervise pelaksanaan program audit.
• Seorang senio/ lebih yang
bertanggungjawab atas sebagian program audit dan melakukan supervise serta
mereview pekerjaan staf asisten.
• Staf asisten yang mengerjakan
berbagai prosedur audit yang diperlukan.
Mempertimbangkan kebutuhan konsultasi dan penggunaan spesialis
Elemen
pengendalian mutu yang berkaitan dengan konsultasi menyatakan bahwa kantor
akuntan public harus memilik kebijakan dan prosedur untuk memperoleh jaminan
memadai bahwa personil akuntan public membutuhkan bantuan , sepanjang
diperlukan , dari orang/ orang-orang yang memiliki tingkat pengetahuan ,
integritas, kebijaksanaan, dan otoritas yang sesuai. KAP kadang-kadang merasa
perlu untuk menggunakan spesialis yang berasal dari luar KAP. Contoh spesialis
:
1. Penilai untuk mendapatkan bukti tentang penilaian atas barang seni.
2. Insinyur tambang untuk menentukan jumlah cadangan atau deposit barang
tambang
yang ada di suatu pertambangan.
3. Aktuaris untuk menentukan jumlah rup[iah program pensiun yang akan
digunakan
dalam akuntansi.
4. Penasehat hukum untuk memperkirakan hasil akhir dari suatu perkara
pengadilan yang masih berjalan.
5. Konsultan lingkungan untuk menentukan pengaruh undang-undang dan
peraturan tentang lingkungan.
MENILAI INDEPENDENSI
Persyaratan independensi tidak dapat
dipenuhi , maka penugasan harus ditolak atau calon klien harus diberi informasi
bahwa apabila audit tetap dilaksanakan , maka auditor akan memberikan pendapat
“ menolak member pendapat”.
MENENTUKAN KEMAMPUAN UNTUK MELAKUKAN
AUDIT DENGAN CERMAT DAN SEKSAMA
2 faktor penting dalam menentukan
kemampuan untuk melaksanakan kecermatan dan ketelitian adalah saat penunjukan
dan penjadwalan pekerjaan lapangan.
Saat penunjukan
Penunjukan auditor secara dini oleh klien dan penerimaan penugasan oleh
auditor akan berpengaruh pada perencanaan audit, Sebaliknya apabila penerimaan
penugasan terjadi pada saat mendekati / sesudah akhir tahun buku , auditor bisa
mendapat berbagai hambatan dalam perencanaan audit dan pelaksanaan pekerjaan
lapangan , termasuk kemungkinan auditor harus menggeser ke belakang
prosedur-prosedur yang seharusnya dilakukan pada tanggal neraca.
Penjadwalan audit
Waktu pelaksanaan pekerjaan lapangan pada umumnya dapat dibagi menjadi 2
kategori berikut :
• Pekerjaan interim , yaitu pekerjaan yang biasanya dilakukan dalam kurun
waktu
antara 3-4 bulan sebelum neraca.
• Pekerjaan akhir tahun , yaitu pekerjaan yang biasanya dilakukan dalam
kurun waktu tidak lama sebelum tanggal neraca sampai kira-kira 3 bulan setelah
tanggal neraca.
Penaksiran kebutuhan waktu
Dalam mempertimbangkan penerimaan penugasan, auditor biasanya membuat suatu
taksiran kebutuhan waktu audit sebagi bagian dari pertimbangan dan penjadwalan
. Pembuatan taksiran waktu meliputi estimasi tentang jumlah jam yang
diperkirakan dibutuhkan oleh setiap tingkat staf untuk menyelesaikan setiap
bagian audit dengan cermat dan seksama.
Personil klien
Penggunaan personil klien juga mempunyai dampak yang besar dalam penentuan
staf dan penjadwalan , dan pada akhirnya berpengaruh pada honorarium audit.
Pengaruh ini berkaitan dengan 3 prosedur auditing, yaitu prosedur untuk
memperoleh pemahaman mengenai struktur pengendalian intern klien, pengujian
pengendalian , dan pengujian substantif.
PEMBUATAN
SURAT PENUGASAN
Langkah ini dibuat sebagai suatu praktik professional yang lazim untuk
mengkonfirmasikan segala istilah dan terminology yang berkaitan dengan
penugasan. Surat penugasan merupakan surat perjanjian atau kontrak yang secara
hukum mengikat auditor dan klien.
B. PERENCANAAN AUDIT
yang sangat
penting adalah perencanaan , karena perencanaan mengatur mngenai urutan setiap
bagian atau tahapan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Perencanaan audit meliputi pengembangan strategi menyeluruh pelaksanaan dan lingkup audit yang diharapkan.
Perencanaan audit meliputi pengembangan strategi menyeluruh pelaksanaan dan lingkup audit yang diharapkan.
Langkah-langkah dalam perencanaan
audit :
1. Mendapatkan pemahaman tentang
bisnis dan bidang usaha klien.
2. Melaksanakan prosedur analitis.
3. Menetapkan pertimbangan awal tentang
tingkat materialitas.
4. Mempertimbangkan resiko audit.
5. Menetapkan strategi audit awal
untuk asersi-asersi penting.
6. Mendapatkan pemahaman tentang
struktur pengendalian intern klien.
Berbagai prosedur bisa digunakan
untuk mendapatkan pengetahuan tersebut .
Beberapa prosedurnya antara lain :
• Mereview kertas kerja tahun lalu
• Mereview data industry dan bisnis klien
• Melakukan peninjauan ke tempat operasi klien
• Mengajukan pertanyaan kepada komite audit
• Mengajukan pertanyaan kepada manajemen
• Menentukan adanya hubungan istimewa
• Mempertimbangkan dampak dari pernyataan akuntansi dan auditing tertentu
yang relevan
MELAKSANAKAN
PROSEDUR ANALITIS
Prosedur analitis sebagai evaluasi informasi keuangan yang dibuat dengan
mempelajari hubungan yang masuk akal antara data keuangan yang satu dengan data
keuangan lainnya/ antara data keuangan dengan data nonkeuangan.
Prosedur analitis digunakan dalam auditing dengan tujuan-tujuan sebagai
berikut :
• Pada tahap perencanaan audit, untuk membantu auditor dalam merencanakan sifat,
• Pada tahap perencanaan audit, untuk membantu auditor dalam merencanakan sifat,
saat, dan luas prosedur audit lainnya.
• Pada tahap pengujian, sebagi pengujian substantive untuk memperoleh bukti
tentang asersi tertentu, yang berhubungan dengan saldo rekening atau jenis
transaksi.
• Pada tahap review akhir audit, sebagai review menyeluruh informasi keuangan dalam laporan keuangan setelah diaudit
• Pada tahap review akhir audit, sebagai review menyeluruh informasi keuangan dalam laporan keuangan setelah diaudit
Tahapan-tahapan sistematis :
1. Mengidentifikasi perhitungan / perbandingan yang akan dibuat.
2. Mengembangkan ekspektasi.
3. Melakukan perhitungan/perbandingan.
4. Menganalisis data dan mengidentifikasi perbedaan-perbedaan yang
signifikan.
5. Menyelidiki perbedaan signifikan yang tak diharapkan.
6. Menentukan pengaruhnya terhadap perencanaan audit.
C. STRATEGI AUDIT AWAL
Mengingat adanya hubungan antara bukti, materialitas, dan komponen risiko
audit, maka auditor bisa memilih strategi audit awal dalam perencanaan audit
untuk masing-masing asersi atau kelompok asersi.
KOMPONEN STRATEGI AUDIT AWAL
• Penetapan tingkat risiko pengendalian direncanakan
• Luasnya pemahaman atas struktur pengendalian intern yang harus dicapai
• Pengujian pengendalian yang akan dilakukan dalam penetapan risiko
pengendalian
• Tingkat pengujian substantive direncanakan yang akan dilakukan untuk mengurangi
• Tingkat pengujian substantive direncanakan yang akan dilakukan untuk mengurangi
risiko audit pada tingkat rendah yang sesuai.
Suatu strategi audit awal tidak merinci spesifikasi prosedur audit yang
harus dilakukan dalam melaksanakan audit. Strategi ini mencerminkan
pertimbangan awal auditor tentang pendekatan audit dan didasarkan pada
asumsi-asumsi tertentu
mengenai pelaksanaan audit.
Cara auditor merumuskan 4 komponen strategi audit akan diuraikan untuk 2
alternatif strategi audit pada bagian berikut. Kedua strategi tersebut adalah :
Pendekatan tingkat risiko pengendalian ditetapkan maksimum digunakan kalau
risiko
pengendalian ditetapkan maksimal. SPI tidak efektif
Pendekatan tingkat risiko pengendalian ditetapkan lebih rendah digunakan
pada
penugasan ulangan . SPI efektif.
Strategi diterapkan pada sekelompok asersi yang terpengaruh oleh suatu
kelompok transaksi dalam suatu siklus transaksi. Logikanya karena banyak
pengendalian intern difokuskan pada pengolahan satu tipe transaksi dalam satu
siklus.