Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

5 MacamOpini Audit



Opini audit adalah pernyataan auditor terhadapkewajaranlaporankeuangandarientitas yang telahdiaudit. Kewajaraninimenyangkutmaterialitas, posisikeuangan, danaruskas.Menurut SPAP (StandarProfesionalAkuntanPublik), opini audit ada 5 macam, yaitu :

1.   Pendapat wajar tanpa pengecualian

Pendapatwajartanpapengecualianmenyatakanbahwalaporankeuanganmenyajikansecarawajar, dalamsemuahal yang material, posisikeuangan, hasilusaha, danaruskasentitastertentusesuaidenganprinsipakuntansi yang berlakuumum di Indonesia.Iniadalahpendapat yang dinyatakandalamlaporan auditor bentukbaku. Kriteriapendapatwajartanpapengecualianantara lain.
- Laporankeuanganlengkap
- Tigastandarumumtelahdipenuhi
- Bukti yang cukuptelahdiakumulasiuntukmenyimpulkanbahwatigastandarlapangantelahdipatuhi
- Laporankeuangantelahdisajikansesuaidengan GAAP (Generally Accepted Accounting Principles)
- Tidakadakeadaan yang memungkinkan auditor untukmenambahkanparagrafpenjelasataumodifikasilaporan

2.   Bahasapenjelasanditambahkandalamlaporan auditor bentukbaku

Keadaantertentumungkinmengharuskan auditor menambahkansuatuparagrafpenjelasan (ataubahasapenjelasan yang lain) dalamlaporanauditnya. Auditor menyampaikanpendapatinijika:
- Kurangkonsistennyasuatuentitasdalammenerapkan GAAP
- Keraguanbesarakankonsep going concern 
- Auditor inginmenekankansuatuhal

3.   Pendapatwajardenganpengecualian

Pendapatwajardenganpengecualian, menyatakanbahwalaporankeuanganmenyajikansecarawajar, dalamsemuahal yang material, posisikeuangan, hasilusaha, danaruskasentitastertentusesuaidenganprinsipakuntansi yang berlakuumum di Indonesia, kecualiuntukdampakhal-hal yang berhubungandengan yang dikecualikan.

4.   Pendapattidakwajar

Pendapattidakwajarmenyatakanbahwalaporankeuangantidakmenyajikansecarawajarposisikeuangan, hasilusaha, danaruskasentitastertentusesuaidenganprinsipakuntansi yang berlakuumum di Indonesia.

5.   Pernyataantidakmemberikanpendapat

Pernyataantidakmemberikanpendapatmenyatakanbahwa auditor tidakmenyatakanpendapatataslaporankeuangan.Opiniinidikeluarkanketika auditor tidakpuasakanseluruhlaporankeuangan yang disajikan.

Post a Comment