Pengertian Dan Difinisi Organisasi

Pengertian dan definisi Organisasi.

Organisasi adalah sarana/alat untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu dikatakan organisasi adalah wadah (wahana) kegiatan daripada orang-orang yang bekerja sama dalam usahanya mencapai tujuan. Dalam wadah kegiatan itu setiap orang harus jelas tugasnya, wewenang dan tanggungjawabnya, hubungan dan tatakerjanya. Pengertian yang demikian disebut organisasi yang bersifat ‘’statis’’, karena sekedar hanya melihat kepada strukturnya. Disamping itu terdapat pengertian Organisasi yang bersifat ‘’dinamis’’. Dalam pengertian itu Organisasi dilihat daripada sudut dinamikanya, aktivitas/tindakan daripada tata hubungan yang terjadi dalam organisasi itu, baik yang bersifat formal maupun yang bersifat informal. Misalnya aktivitas tata hubungan antara atasan dan bawahan, tata hubungan antara sesame atasan, dan bawahan. Berhasil atau tidaknya tujuan yang akan dicapai dalam organisasi, tergantung sepatuhnya kepada factor manusianya.

Defenisi organisasi.

a.Menurut Mc. Farland, Organisasi didefinisikan sebagai berikut ‘’ An or-ganization is an identifiable group of people contributing treir efforts toward the attainment of goals’’ organisasi adalah suatu kelompok manusia yang dapat dikenal yang menyumbangkan usahanya terhadap tercapainyasuatu tu-juan.
b.Menurut Dimock, Organisasi adalah didefenisikan sebagai beri-kut:’’Organization is the systematic bringing together of interdependent part to form a unified whole through which authority, coordination and control may be exercised to achive a given purpose.
(Organisasi adalah perpaduan secara sistematis daripada bagian-bagian yang saling ketergantungan/berkaitan untuk membentuk suatu kesatuan yang bulat melalui kewenangan, koordinasi dan pengawasan dalam usaha mencapai tujuan yang telah ditentukan)